Saiful Kameli

Work With Attitude

Penyebab Penyakit Vertigo dan Cara Pengobatannya

penyakit vertigo

sumber: doktergratis.net

Vertigo adalah sejenis pusing yang dapat berlangsung dalam jangka waktu yang cukup singkat (beberapa menit) atau bisa berlangsung berjam-jam atau bahkan berhari-hari.Orang yang memiliki vertigo mungkin juga mengalami mual dan muntah, disertai dengan kehilangan keseimbangan tubuh. Vertigo biasanya disebabkan oleh masalah yang berada di dalam telinga bagian dalam. Obat untuk meringankan mual dan muntah pada vertigo, agar dapat meringankan pusing.Obat-obatan ini biasanya hanya diberikan untuk waktu singkat (sampai 14 hari). Biasanya dokter dapat mengetahui kondisi apa yang menyebabkan vertigo, dan kemudian akan memberi saran kepada pasien cara pengobatan yang tepat.

Apa penyebab Vertigo ?

Penyebab paling umum dari vertigo adalah masalah pada bagian dalam telinga,misalnya infeksi atau peradangan. Ketika kita menggerakan kepala kita, bagian dalam telinga mengirimkan sinyal ke otak dan ini membantu kita untuk menjaga keseimbangan. Jika ada masalah dengan bagian dalam telinga maka akan menyebabkan sakit dan pusing. Kondisi lain yang dapat mempengaruhi telinga bagian dalam dan menyebabkan vertigo contohnya seperti penyakit Ménière, mabuk, dan toksisitas telinga yang disebabkan oleh obat-obatan.

Penyebab umum dari vertigo pada orang tua paroxysmal positional vertigo jinak. Hal ini menyebabkan pusing intens ketika anda menggerakan kepala anda dalam arah tertentu. Ini diduga disebabkan oleh fragmen kecil dari puing-puing di telinga bagian dalam, pada umumnya vertigo dapat disebabkan oleh kondisi yang membuat perubahan pada bagian-bagian tertentu dari otak – misalnya, stroke, migrain, multiple sclerosis, neuroma akustik (pertumbuhan di otak), diplopia (penglihatan ganda), dan terlalu banyak minum alkohol.

Pengobatan vertigo tergantung pada apa yang menyebabkannya. Sebagai contoh, jika Anda memiliki infeksi telinga mungkin dokter akan meresepkan antibiotik, atau penyebab lain dari vertigo mungkin dokter akan memberikan terapi khusus. Sisanya mungkin dokter hanya membahas tentang obat yang membantu untuk meringankan gejala pusing dan mual yang disebabkan oleh vertigo. Ada pembahasan yang disebut vertigo posisional paroksismal jinak, penyakit Ménière, Labyrinthitis dan neuritis vestibular, pening, dan migrain.

Catatan : vertigo kadang-kadang disebut sebagai ”takut ketinggian” – ini tidak benar. Istilah yang tepat untuk takut ketinggian adalah acrophobia.

Apa obat untuk penyakit vertigo dan bagaimana cara kerjanya?

Sejumlah obat-obatan dapat diresepkan untuk membantu mengobati gejala vertigo, obat tersebut seperti: proklorperazin atau antihistamin seperti sinarizin, cyclizine, atau promethazine. Obat-obatan ini digunakan untuk membantu mengobati mual dan mabuk, obat ini bekerja dengan menghalangi bahan kimia tertentu di otak. Blok proklorperazin bahan kimia yang disebut dopamin, ini membantu meringkan penyakit yang tergolong parah dan obat antihistamin dapat memblokir histamin yang membantu meringankan mual pada penyakit vertigo. Betahistine adalah antihistamin yang diresepkan dokter untuk pasien berguna untuk mengobati penyakit Ménière, agar mencegah serangan penyakit terjadi. Diperkirakan bahwa obat ini meningkatkan aliran darah di sekitar telinga, obat-obatan ini tersedia dalam berbagai merek dan tersedia dengan bentuk tablet, kapsul, cairan, dan suntikan, dan beberapa tersedia sebagai tablet sublingual (tablet yang larut antara gusi atas dan bibir).

Yang obat biasanya diresepkan?

Pilihan pengobatan tergantung pada apa yang menyebabkan penyakit vertigo terjadi dan seberapa parah gejala yang anda alami. Jika Anda mengalami mual parah, dokter mungkin meresepkan prochlorperazine. Keuntungan dari obat ini tersedia dalam bentuk suntikan atau tablet sublingual, dan mungkin lebih cocok untuk orang yang mengalami sakit yang disertai dengan muntah. Jika Anda memiliki mual ringan, dokter mungkin meresepkan antihistamin seperti sinarizin, cyclizine, atau promethazine. Ini juga akan membantu untuk mengobati pusing.

Berapa lama biasanya obat digunakan ?

Obat-obatan untuk mengobati vertigo, biasanya hanya diambil untuk waktu yang singkat antara 3-14 hari. Jika Anda mengalamai vertigo yang terlalu sering, dokter mungkin meresepkan pasokan obat yang tidak terlalu banyak, hanya untuk digunakan ketika anda mengalami serangan.

Bagaimana dengan efek sampingnya ?

Kebanyakan efek samping tidaklah serius dan setiap orang bereaksi secara berbeda terhadap obat-obatan tersebut. Efek samping yang umum termasuk mengantuk, sembelit, sakit kepala, kelelahan, insomnia (kesulitan tidur), dan gangguan pencernaan. Proklorperazin dapat menyebabkan berkedut otot bahu, wajah dan leher. Hal ini biasanya hilang setelah obat ini dihentikan

Siapa yang tidak boleh menggunakan obat-obatan vertigo?

Ada sangat sedikit orang yang tidak dapat menggunakan obat vertigo, karena alasan tertentu salah satu obat telah menyebabkan efek samping atau ada alasan kenapa anda tidak dapat menggunakannya, dokter tht akan memberikan berbagai jenis obat-obatan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Artikel terkait: http://saifulkameli.blogspot.com/2015/05/penyakit-vertigo.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: