Saiful Kameli

Work With Attitude

Mainan Anak Edukatif Melatih Otak dan Keterampilannya

Memiliki seorang anak adalah anugrah terindah dalam hidup karena tidak sedikit pasangan suami istri yang tidak dikarunia anak walaupun sudah lama waktu bersama. Karena itulah, sebagai orang tua semestinya kita menjaga anak dengan sebaik mungkin yaitu salah satunya dengan memberikannya bimbingan dan pendidikan yang baik dan benar sebagai langkah awal menentukan karakternya di masa yang akan datang. Bermain sambil belajar adalah system yang diterapkan dalam pendidikan anak usia dini seperti memberikannya mainan anak edukatif yang sekarang ini mudah di dapatkan. Bukan hanya sebagai mainan, namun dari mainan tersebut terdapat tujuan untuk perkembangan otak anak dan juga keterampilannya.

Mainan Anak Edukatif

Mainan anak edukatif memiliki kriteria tersendiri yang disesuaikan dengan ketertarikan anak terhadap benda serta tujuan awal dalam melatih otak anak. Ada beberapa kriteria mainan yang dapat membantu melatih keterampilan dan mengasah otak diantaranya yaitu :

Berwarna cerah
Baik anak perempuan ataupun anak laki-laki tidak ada bedanya dalam menyukai warna. Mereka biasanya menyukai warna yang cerah seperti warna merah, kuning ataupun hijau. Pemilihan warna mainan ini disesuaikan dengan kegemaran anak. Maka jika memilih mainan untuk anak, biarkanlah mereka yang memilih sendiri warna mainan yang mereka suka karena dengan begitu, maka mereka akan lebih betah dengan pilihannya tersebut.

Terbuat dari bahan pilihan dan aman
Tidak heran jika harga mainan anak yang aman sangat mahal karena terbuat dari bahan pilihan yang terbaik dan aman untuk kulit anak yang masih sensitif dan rentan terhadap benda asing. Walaupun terbuat dari bahan plastic, namun mainan tersebut tetap aman karena terbuat dari plastic pilihan dan sudah lulus uji keamanannya.

Memiliki tujuan tersendiri
Mainan anak disesuaikan dengan jenis kelamin anak tersebut, biasanya perempuan lebih menyukai boneka ataupun alat rumah tangga karena sering melihat ibunya memasak di dapur. Begitu juga dengan anak laki-laki yang lebih menyukai kendaraan. Namun orang tua tentunya memiliki tujuan dalam memberikan mainan untuk anak seperti puzzle yang memiliki kegunaan dalam melatih otak anak untuk menempatkan sesuatu pada posisinya. Selain itu juga dapat membuat anak lebih disiplin.

sumber: http://www.dwiaditya.web.id/2015/06/3-manfaat-mainan-anak-yang-edukatif.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: