Saiful Kameli

Work With Attitude

Tips dan Cara Memilih Produk atau Perusahaan Asuransi

cari asuransi terbaikSedia payung saat sebelum hujan pepatah selalu mengatakan demikian yang berarti kita mesti menyiapkan segala suatu hal sebagai antisipasi. jika hal-hal yang tidak di inginkanmungkin saja terjadi di hari esok. Hal semacam ini berlaku pula dengan asuransi, yang berguna untuk memberi perlindungan dari resiko yang kita tidak di inginkan.

Sayangnya belum semua orang-orang di Indonesia mengerti perlunya berasuransi, walau sebenarnya sebagian negara-negara maju didunia bahkan sudah mewajibkan masyarakat atau warganya untuk memiliki asuransi. Asuransi sesungguhnya sebagai mekanisme manajemen dari suatu resiko atau pengalihan resiko pada pihak ketiga untuk mencover kerugian, dalam hal semacam ini pihak ketiga tersebut yaitu adalah perusahaan asuransi.

Sebaiknya kita lebih membuka diri serta meningkatkan kesadaran diri terhadap beberapa hal yang memanglah utama atau mempunyai efek besar untuk kita serta terlebih keluarga kita, meskipun sekarang ini Anda merasa bahwasemuanya baik-baik saja. Justru, kondisi seperti ini kita mesti membuat perlindungan dari resiko yang tidak di inginkan pada saatkeadaan tengah baik-baik saja.

4 Tips, Cara Memilih Produk Asuransi

Asuransi sendiri terbagi dalam beberapa macam, contohnya seperti asuransi mobil, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi properti, harta benda, dan sebagainya. Sebelum Anda menentukan produk asuransi, simak beberapa panduan berikut yang bisa membantu Anda dalam memastikan pilihan produk asuransi :

1. Sesuaikanlah dengan keperluan! Tentukan asuransi bukanlah dikarenakan tertarik terhadap promo serta hadiah yang di tawarkan. Anda bisa mencari rekomendasi dari pengalaman kawan anda atau bahkan juga sempatkan diri untuk mendengarkan pendapat dari konsultan asuransi atau keuangan. (seumpama : perencana keuangan professional).

2. Pastikan kredibilitas dari perusahaan Asuransi memang dapat dipercaya. Hal yang paling penting yaitu layanan klaim asuransi, tanyakan secara detail tentang manfaat yang didapatkan, ketetapan yang dipersyaratkan serta pengecualian yang tidak dijamin oleh asuransi (hal semacam ini selalu menjadi alasan dari penolakan dalam melakukanpengajuan klaim oleh perusahaan).

3. Pelajari dengan teliti periode pembayaran premi. Apakah keuangan Anda cukup nyaman dengan jangka waktu tersebut? jangan sampai terjadi keterlambatan yang bisa mengakibatkan klaim tidak dibayar. Biasanya batas waktu pembayaran premi paling lambat adalah 14 hari sesudah tanggal jaminan yang terdaftar dalam polis.

4. Teliti serta ricek kembali Polis yang Anda terima. Baca dengan cermat tiap-tiap hal yang tercantum serta cek kembali lampiran yang telah Anda terima. Di sini peran Anda cukup utama untuk mengkonfirmasi apakah polis yang Anda terima sesuai dengan perjanjian yang di tawarkan oleh agen asuransi. Jika ada ketidaksamaan selekasnya konfirmasikan pada agen tersebutuntuk dilakukan pembatalan maupun pergantian.

4 Tips, Cara Memilih Perusahaan Asuransi

1. Legalitas suatu perusahaan yaitu prasyarat paling utama. Pastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut sudah tercatat di pemerintah dalam hal semacam ini yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kunjungi situs OJK serta tanyakan segera ke bagian pelayanan jika Anda merasakan perusahaan asuransi yang mencurigakan.

2. Kredibilitas perusahaan asuransi umumnya tampak dari kemampuan keuangan perusahan itu. Umumnya laporan pada neraca keuangan perusahaan yang di publikasikan pada media perusahaan tersebut (situs, annual report, dan lain-lain). Dengan cara simpel bisa dipandang dari angka risk base capital yang sebaiknya sekurang-kurangnya 120%. Jangan sampai lupa juga untuk mencermati keuntungan perusahaan setiap tahunnya, jika perusahaan tersebut bagus, tentu kepercayaan pelanggan bisa dipandang dari keuntungan yang makin bertambah setiap tahunnya.

3.Teliti profil dari perusahaan. perusahaan itu di dirikan pada tahun berapa?, untuk dapat mengetahui dari pengalamannya dan pastikan mempunyai tenaga pakar yang mumpuni. Perusahaan yang baik mempunyai tenaga pakar di Kantor Pusat, Akuntan pakar di semua kantor cabang, serta tenaga aktuaris.

4.Service yang didapatkan apakah sesuai dengan keperluan Anda. Cermati mutu layanan yang sudah didapatkan dari perusahaan, beberapa hal penting seperti : berapakah lama penerbitan polis?, layanan ekstra atau bonus tambahan yang didapatkan, ditambah lagi mutu relasi yang ditunjuk (seperti rumah sakit, bengkel relasi, dsb).

Demikianlah Tips dan Cara Memilih Produk atau Perusahaan Asuransi yang mungkin bisa menjadi sumber refensi untuk anda. Terima kasih telah berkunjung, salam kenal & sukses selalu untuk kita semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: