Saiful Kameli

Work With Attitude

Apa Manfaat Pasang Panel Surya di Rumah?

Apa Manfaat Pasang Panel Surya di Rumah?, trupower.co.id – Tidak bisa dipungkiri kalau adanya kenaikan energi dunia mulai dari batu bara dan juga minyak bumi yang menyebabkan saat ini banyak masyarakat dunia mencari sumber listrik lain. Sumber listrik tidak hanya dari hal yang sudah kita ketahui biasanya, namun saat ini ada panel surya atau solar panel yang merupakan sumber listrik alternatif dan juga berkelanjutan. Solar panel ini hanya memanfaatkan satu sumber daya yang akan tetap terus ada yaitu energi dari matahari.

Panel surya sendiri merupakan suatu alat canggih yang terdiri dari sel surya dan mampu mengubah cahaya dari matahari yang diserap menjadi listrik, dan biasanya disebut juga surya atas matahari atau “sol”, dikarekanakan matahari merupakan sumber cahaya yang paling kuat yang bisa dimanfaatkan sebagai energi. Sel fotovoltaik atau photovoltaic ini merupakan sel khas dari solar panel atau panel surya dan bisa juga diartikan sebagai cahaya listrik. Panel surya ini merupakan cara terampuh untuk mendapatkan energi listrik alternatif dan sangat ramah lingkungan.

Hal apa saja sih yang bisa diperoleh ketika kita memasang solar panel di rumah?

Sangat ramah lingkungan.

Semua juga sudah tahu yah kalau energi dari matahari itu sangat ramah lingkungan, energi matahari juga akan mengurangi jejak karbon Anda. Energi matahari adalah energi bahan bakar fosil dan sumber energi tidak berpolusi, sangat bersih dan bisa diandalkan. Matahari menghasilkan energi yang begitu baik, tidak mencemari udara atau melepaskan gas berbahaya seperti dioksida, nitrogen oksida atau sulfur oksida. Maka dari itu lah matahari tidak membutuhkan bahan bakar untuk menghasilkan listrik, hanya perlu solar panel dan seketika bisa mendapatkan alternatif energi listrik untuk dirumah.

Meringankan beban biaya listrik bulanan.

Ada yang merasakan kalau biaya listrik setiap tahun itu mengalami kenaikan. Penyesuaian atau kenaikan ini akan sangat terasa jika penggunaan listrik Anda besar. Dengan adanya penggunaan solar panel mampu menekan biaya tagihan listrik. Bahkan di Eropa sendiri bisa menghemat sampai 50% lebih dari tagihan bulanan yang biasanya. Penggunaan solar panel ini juga direkomendasikan untuk Anda yang memiliki usaha atau bisnis yang banyak sekali menggunakan alat elektronik.

Meningkatkan value rumah atau bangunan usaha Anda.

Tidak akan ada yang tahu bahwa misalnya suatu saat nanti Anda ditugaskan ke luar kota tau luar negeri untuk waktu yang lama. Hal ini bisa membawa Anda pada manfaat penggunaan solar panel selanjutnya, yaitu meningkatkan value rumah atau bangunan. Bagaimana ini bisa terjadi? Tentu bisa, bahkan jiak suatu saat Anda ingin menetap di lain tempat dan ingin menjual rumah atau bangunan usaha yang sudah terpasang solar panel, bisa membuat daya tawar atau jual rumah Anda lebih tinggi dibanding dumah yang lainnya.

Kenaikan harga rumah yang terpasang solar panel bisa sangat signifikan, dikutip dari Kompas.com, jika daerah rumah Anda memiliki kecenderungan sudah dipasangi solar panel maka bisa meningkatkan harga rumah hingga $20.000 atau sekitar Rp 281 jutaan untuk nilai suatu rumah tersebut.

Informasi selengkapnya: https://trupower.co.id/

Leave a comment